Menu

Biaya Mengurus Hak Paten Merek yang Harus Kamu Tahu

Ya, mengurus hak paten bakal dipungut biaya untuk administrasi dan lain lainnya. Kamu musti tahu terlebih dulu seputar hal ini supaya dapat mempersiapkannya. Apakah mahal? Bila ingin tahu maka baca pembahasannya di sini. Bila Kamu mempunyai produk yang dijual memakai merk maka musti didaftarkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual supaya jadi hak milik Kamu secara sah.

Hak Paten

Orang yang berhak mendaftarkan merk dagang ialah siapa saja yang ingin mempunyai hak penuh dari merk produk ataupun jasa yang dijual pada umum. Proses pendaftaran merk tidak begitu sulit sebab cuma harus mempersiapkan sejumlah persyaratan, serta mempunyai nama brand yang tak pernah dipatenkan oleh orang lain. Buat permohonan pada Ditjen HKI, sehabis itu mereka bakal memprosesnya. Bila berhasil maka nantinya Kamu dapat memperoleh sertifikat hak merk. Biaya yang diperlukan untuk membuat hak paten merk mempunyai aturan tertentu. Nanti sepanjang 10 tahun, merk Kamu bakal jadi hak milik Kamu secara sah. Sehabis jangka waktu habis maka Kamu dapat mendaftarkan ulang untuk jangka waktu yang sama, dan demikian seterusnya.

Balik lagi ke pembahasan seputar biaya mengurus hak paten merk. Sebetulnya terdapat peraturan yang mengikat jumlah biaya untuk membuat hak paten yang segera dilakukan pemohon pada Ditjen HKI. Kecuali bila Kamu minta bantuan dari konsultan hak kekayaan intelektual, tentunya biaya yang musti Kamu berikan lebih mahal. Tiap jenis pendaftaran ataupun permohonan per merk mempunyai biaya yang tidak sama, serta bergantung kepada jenis pendaftarannya. Ada yang dengan cara online, atau manual. Seluruhnya bakal dibahas di sini. Sehabis itu pasti dibahas juga seperti apa  cara pendaftaran haki (hak kekayaan intelektual. Biaya permohonan pendaftaran merk pun permintaan perpanjangan atas perlindungan merk terdaftar utk UMKM.

Itulah dia rincian biaya mengurus hak paten merk, kini Kamu jadi dapat mempersiapkannya lebih dulu. Baru sehabis itu Kamu dapat menyiapkan syarat lain supaya dapat mendaftar hak paten merk Kamu. Persyaratan supaya permohonan hak paten Kamu dapat diproses diantaranya, 30 contoh merk yang ingin Kamu pergunakan dengan ukuran min 2 x 2 cm serta ukuran max 9 x 9 cm (pastikan merk yang bakal Kamu gunakan belum dipergunakan ataupun didaftarkan hak patennya oleh orang lain), biodata pemohon dengan isi terdiri dari nama, alamat dan kewarganegaraan, daftar barang yang bakal diberikan merk, surat pernyataan seputar kepunyaan produk serta merk, serta fotokopi pemohon.

Hak Kekayaan Intelektual

Kemudian, cara daftar hak paten merk yang pertama kali dilaksanakan ialah pemohon musti mengisi formulir pendaftaran serta lampirkan semua persyaratannya. Berikutnya merupakan verifikator, dalam hal ini Ditjen HKI bakal memeriksa keutuhan persyaratannya, jika telah maka Kamu bakal diberi perintah untuk membayar tahap-tahap pendaftaran. Kamu dapat membayar biaya yang diminta kepada rekening yang harus dituju, berikutnya kasih formulir yang telah diisi lengkap, tanda pembayaran, serta kelengkapan permohonan kepada staff loket.

Kemudian nanti permintaan Kamu bakal diproses selama beberapa saat. Pengumuman hasil penerimaan hak paten merk bakal diberitahukan di tempat yang sesuai peraturan Ditjen HKI. Bila diterima Kamu bakal mendapat sertifikat hak paten merk dan merk itu resmi jadi milik Kamu sepanjang 10 tahun ke depan. Tapi bila tidak diterima Kamu boleh mengajukan keberatan supaya dapat diproses kembali. Itulah dia berapa biaya mengurus hak paten merk yang perlu Kamu persiapkan serta cara mendaftarnya. Mudah-mudahan Kamu mengerti dengan apa yang dituliskan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.