Menu

Catatan Agen Bola: “Si Legenda Gelandang Manchester United, Robert Bobby Charlton”

Sir Robert ‘Bobby’ Charlton (CBE) lahir tanggal 11 Oktober 1937, merupakan seorang legenda pemain sepakbola di klub Premier League, Manchester United dan pernah merumput untuk timnas Inggris. Charlton diasumsikan sebagai satu dari beberapa pemain gelandang yang paling baik sepanjang masa, dan bisa disebut sebagai aktor penting saat timnas Inggris telah menjuarai salah satu gelar Piala Dunia. Charlton pula sukses meraih titel Ballon d’Or pada tahun 1966.

Charlton berkutat hampir seluruh karirnya dalam sepakbola bersama Manchester United. Charlton tersohor dengan naluri menerjang & pergerakannya di barisan tengah United dan tembakan jarak jauhnya yang ganas dikatakan. Charlton juga diketahui memiliki kebugaran tubuh dan stamina yang ‘tidak ada habisnya’. Kakak Charlton, Jack pun masuk didalam skuat Inggris saat berhasil menjadi juara Piala Dunia dan ada pula mantan bek Leeds United yang sekarang menjadi manager internasional.

Ashington, Northumberland, sebagai kota kelahirannya, Bobby Charlton memperoleh debut profesionalnya tuk tim utama Manchester United pada tahun 1956, dan didalam waktu 2 musim selanjutnya setelah bergabagung, Charlton berhasil mendapat posisi reguler di skuad utama Setan Merah, dan dalam waktu pasca dirinya selamat (terhindar) dari tragedi Munich saat 1958, Charlton diselamatkan Harry Gregg. Usai melayani United meraih kemenangan di Football League tahun 1965, Charlton tuntas memenangkan medali dalam Piala Dunia bersama dengan timnas Inggris pada tahun 1966 dan pun gelar liga lain bersama-sama United di tahun depannya.

Tahun 1968, Charlton dinobatkan selaku kapten skuat inti Manchester United yang kala itu berhasil menjadi juara gelar Piala Benua Eropa (Liga Champions). Charlton menghasilkan 2 gol di babak final bersamaan membantu United sebagai klub Inggris tuk pertama kalinya yang sukses menjuarai Piala Eropa. Charlton memperoleh gol lebih dari pemain lain di Inggris dan United. Charlton juga memegang rekor performa paling banyak tuk Manchester United, yakni 758 cap, sebelum kemudian skornya berhasil dilampaui Ryan Giggs. Charlton ‘merumput’ di 4 Piala Dunia (tahun 1958, 1962, 1966, serta 1970) buat timnas Inggris, dan Charlton menyokong Inggris menjuarai gelar Piala Dunia masa 1966. Saat gantung sepatu dari tim nasional Inggris di tahun 1970, Charlton dijadikan sebagai pemain yang mengantongi jumlah penampilan paling banyak tuk timnas Inggris hingga 106 cap di level tertinggi. Catatan itu pun telah dilampaui Peter Shilton, Bobby Moore, lalu David Beckham.

Charlton keluar dari Manchester United dan sebagai manajer buat klub Preston North End musim 1973/74. Charlton beralih karirnya menjadi manajer klub di musim berikutnya. Charlton juga menerima jabatan jadi direktur bersama Wigan Athletic. Charlton lalu diangkat sebagai anggota dewan direksi di tim Manchester United tahun 1984, dan Charlton mengambil tanggung jawab itu lalu tetap mengemban tugas mulia itu sampai Mei 2013.

Charlton memiliki hubungan kekeluargaan yang begitu dekat dengan sejumlah pemain profesional yang asalnya dari silsilah keluarga ibunya. Paman-pamannya yakni Jack Milburn (Leeds United Dan Bradford City), Jim Milburn (Leeds United Dan Bradford City), George Milburn (Leeds United & Chesterfield), dan Stan Milburn (Chesterfield, Leicester City Dan Rochdale), dan sepupu dari ibunya yang merupakan pemain legendaris klub Newcastle Dan timnas Inggris, yakni Jackie Milburn. Tetapi, Charlton mengenali dunia sepakbola lantaran jasa sang kakek, Tanner serta ibunya, Cissie. Kakak Bobby, Jack, mulanya ingin berprofesi didalam dunia Kepolisian, sebelum akhirnya ia malah menjadi bintang sepakbola profesional bersama-sama Leeds United. Baca informasi bola lainnya disiniĀ https://agenbola.io/category/berita-bola/

Leave a Reply

Your email address will not be published.